a

Cara Menjawab "Apa Kabar" Menurut Islam

Cara Menjawab "Apa Kabar" Menurut Islam - Hallo sahabat Video dan Kisah Inspirasi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Menjawab "Apa Kabar" Menurut Islam, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Akhlak, Artikel Mutiara Hikmah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

syukur nikmat dalam islam
JIKA kita ditanya teman, "Apak Kabar?", maka biasanya kita menjawab "Kabar Baik". Padahal, menjawab pertanyaan "Apa Kabar" menurut Islam tidak cukup dengan "Kabar Baik", tapi harus ditambah dengan "Hamdalah" (Alhamdilillah) sebagai ungkapan syukur.

Kisah berikut ini menunjukkan bagaimana cara menjawab "apa kabar" menurut Islam.

Ishak bin Abdullah bin Abi Thalhah menceritakan, pada suatu hari datanglah seorang laki-laki ke hadapan Rasulullah Saw.

"Bagaimana keadaanmu?" tanya Rasul kepada orang itu.
"Alhamdulillah, saya bersyukur kepada Allah untukmu, wahai Nabi!" jawab orang itu. Mendengar jawaban tersebut, Rasul lalu mendoakannya.

Pada hari selanjutnya, orang tersebut kembali datang menemui Rasul. Seperti pada pertemuan pertama, Rasul pun menanyakan keadaannya. "Bagaimana keadaanmu?"

"Baik," jawab orang tersebut pendek. Rasul hanya diam mendengar jawaban itu. Maka, dengan nada heran orang itu bertanya. "Ya Rasulullah, kemarin engkau menanyakan keadaanku, lalu engkau mendoakanku. Hari ini engkau bertanya kepadaku, tetapi tidak mendoakanku. Mengapa demikian?"

Rasulullah Saw menjawab, "Ketika aku bertanya kepadamu, engkau bersyukur kepada Allah. Sedangkan hari ini aku bertanya, tetapi engkau diam saja, tidak bersyukur kepada-Nya (tidak mengucapkan hamdalah, hanya menjawab “baik’)".

Kisah singkat tersebut juga menunjukkan, kita harus selalu mensyukuri nikmat kesehatan, minimal dengan mengucapkan "hamdalah", baik hanya dalam hati maupun diucapkan.. Jadi, jika ditanya apa kabar, jawablah: ”Baik, Alhamdulillah”. Wallahu a’lam.*

Masukan email untuk update Gratis Materi dan Ilmu Islam.

close
//