a

Misteri 9 Ruh yang Ada Pada Tubuh Manusia. Nomor 2 Mengejutkan Anda

Misteri 9 Ruh yang Ada Pada Tubuh Manusia. Nomor 2 Mengejutkan Anda - Hallo sahabat Video dan Kisah Inspirasi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Misteri 9 Ruh yang Ada Pada Tubuh Manusia. Nomor 2 Mengejutkan Anda, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Alam Ghaib, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.


Misteri 9 Ruh yang Ada Pada Tubuh Manusia. Nomor 8 Mengejutkan Anda

Ruh adalah daya atau pancaran kehidupan yang menggerakkan suatu makhluk ciptaan-Nya menjadi hidup.Ruh atau yang biasa disebut nyawa ini berasal dari Tuhan yang menciptakan seluruh alam semesta ini. Seperti dalam firman Allah dalam Q.S Al isra’17 ayat 85 yang artinya “...Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah ruh itu termasuk urusanku.Dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit”. (QS. Al isra’ :85).

Para nenek moyang terdahulu melakukan pengkajian mendalam tentang  ruh dengan sedikit pengetahuan tersebut. Hasilnya mereka menemukan bahwa didalam tubuh manusia itu terdapat 9 ruh.Dari 9 ruh tersebut mempunyai fungsi dan tugas masing-masing. Berikut adalah nama dan penjelasan tentang fungsi dan tugas dari 9 ruh tersebut.

1. Ruh idhofi atau ruh ilafi/Ilofi
Ruh idhofi atau yang biasa disebut nyawa ini adalah central yang di miliki manusia.Ruh ini adalah satu-satunya ruh yang memiliki fungsi penting diantara 8 ruh lainnya. Jika ruh idhofi ini keluar dari tubuh manusia akan secara otomatis 8 ruh yang lainnya pun akan ikut keluar. Tetapi jika 8 ruh yang keluar, manusia akan tetap hidup meski mengalami ketidaksempurnaan.  Ruh idhofi ini berwujud tidak jauh berbeda dengan tubuh anda, baik rupa, suara, tingkah dan segala sesuatu yang ada pada diri kita sendiri.Inilah yang membedakan dari 8 ruh lainya.

2. Ruh rabbani
Ruh yang kedua ini tidak memiliki nafsu. Ia tinggal di nur berwarna kuning diam dan tidak bergerak. Biasanya ruh ini digunakan para kaum supranaturalis sebagai titik acuan dalam semedi atau bertapa untuk mencapai ketenangan.

3. Ruh Ruhani
Ruh ini berfungsi untuk mengendalikan hawa nafsu manusia. Ruh ini memiliki dua sisi kehendak yang berbeda. Ruh ruhani ini yang sering membuat anda kadang merasa menyukai sesuatu hal dan kadang membencinya. Ruh ini juga yang memiliki pengaruh akan perbuatan baik dan buruk manusia. Ruh ini memiliki 4 jenis nafsu yaitu Nafsu lawuma, Amarah, Supiyah dan mulamah (mutmainah). Jika ruh ruhani ini keluar dari tubuh, maka  manusia tersebut tidak akan memiliki nafsu lagi.

4. Ruh Nurani
Ruh yang ke 4 ini membawa sifat terang dan membawa manusia pada suatu petunjuk yang menuntun dan keterangan dalam hati dan pikiran. Jika ruh nurani ini keluar dari tubuh, maka manusia akan merasakan gelapnya hati dan pikiran. Ruh ini menguasai nafsu mutmainah, yang bisa mengalahkan nafsu lainnya. Sehingga ruh ini akan membawa kebaikan yang terjaga, hati tentram, perilaku baik dan terpuji.

5. Ruh kudus (suci)
Ruh kudus ini juga bisa disebut dengan ruh suci, yang membawa sifat kasih sayang kepada semua makhluk. Dengan adanya ruh ini, manusia tidak segan memberi pertolongan dan akan berbuat kebaikan serta dapat mempengaruhi perbuatan amal ibadah sesuai agama dan kepercayaan yang dianutnya.

6. Ruh rahmani
Ruh rahmani ini adalah ruh yang memiliki makna pemurah dan suka memberi.

7. Ruh Jasmani
Ruh ini adalah ruh yang mengatur seluruh sistem peredaran darah, urat syaraf pada manusia. Karena ruh jasmani inilah manusia mempunyai rasa sakit, cape, segar. Ruh ini juga yang memiliki nafsu amarah dan nafsu hewani dimana nafsu inilah yang membuat manusia malas, menyukai hubungan badan,  serakah dan egois.

8. Ruh Nabati
Ruh ini adalah ruh yang berfungsi untuk mengendalikan perkembangan pertumbuhan pada tubuh manusia.

9. Ruh Rewani
Ruh yang terakhir ini adalah ruh yang bertugas menjaga tubuh manusia.  Jika ruh ini keluar dari tubuh manusia, maka manusia tersebut akan tertidur.  Dan jika ruh tersebut kembali maka manusia ini akan terbangun.  Jika seseorang bermimpi dengan arwah seseorang, maka ruh rewani dari orang yang bermimpilah yang menjumpainya. Jadi mimpi tersebut adalah hasil kerja ruh rewani yang mengendalikan otak manusia. Pergi dan keluarnya ruh rewani ini tetap diatur oleh ruh idhofi, begitu juga ruh yang lainya tetap masih dalam kekuasaan ruh idhofi.


Demikianlah sedikit pengetahuan tentang ruh yang ada pada manusia. Semoga  informasi ini bisa menjadi pengetahuan untuk anda dan semoga bermanfaat.

Masukan email untuk update Gratis Materi dan Ilmu Islam.

close
//